Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Serah Terima Bantuan Rak Buku dari Perpusnas

Bantuan rak dan 1000 buku merupakan program Pemerintah dalam hal ini Perpusnas dalam rangka penguatan kegemaran membaca dan literasi di masyarakat. 

Perpustakaan Nasional RI pada tahun 2024 menyelenggarakan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) dan Pengembangan Perpustakaan Desa/Kelurahan/Taman Bacaan Masyarakat (TBM) melalui Pengadaan Buku Bacaan Bermutu. 

Kegiatan ini dilaksanakan di 10.000 Perpustakaan Desa/Kelurahan/Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di 500 Kabupaten/Kota yang tersebar di 38 Provinsi.

Dan alhamdulillah, Komunitas Literasi Madrasah (Ka-Lam) telah memenuhi syarat dan menjadi salah satu sasaran untuk menerima bantuan rak dan 1000 buku tersebut.

Sebelum kedatangan rak buku yang dikirim lewat ekspedisi, pihak Perpusnas sempat menghubungi saya selaku atas nama perwakilan penerima bantuan rak dan 1000 buku. Saat itu hari Sabtu, sekira pukul 11.00, ketika saya sedang bersiap-siap pergi rapat pembagian tugas mengajar tiba-tiba panggilan dari nomor baru berdering di ponsel saya. Begitu saya angkat, terdengar suara wanita yang mulai membuka perbincangan, dan dia mengatasnamakan dari Perpusnas. Lalu pahamlah saya. Dan bahagia menyelimuti perasaan saya seketika. Saat itu saya tidak mengajukan pertanyaan apa-apa selain mengatakan "ya" saja. Karena apa yang disampaikan sudah jelas. Dia mengatakan, "Apakah kami bisa menerima kiriman bantuan rak buku hari Ahad besok?" Tentu saja saya jawab, "Ya". Karena pada umumnya Ahad merupakan hari libur. Jadi mungkin dia perlu mengkonfirmasi kesiapan saya menerima kedatangan tamu di hari libur. Hanya saja dia tidak mengatakan jam berapa kedatangannya, dan saya juga tidak bertanya soal itu.

Hari Ahad (21 Juli 2024) pun tiba. Sejak pagi saya menunggu telepon berdering. Saya tidak berani meninggalkan ponsel. Namun, sampai siang bahkan zuhur tiba, belum ada yang menelpon. Saya tetap berbaik sangka. Kemudian sekira pukul 16.00 barulah ponsel saya mulai berdering. Nomor baru juga rupanya. Dan alhamdulillah, dia mengatasnamakan dari ekspedisi bantuan rak buku. Dia langsung meminta rute pengirimannya. Kebetulan dia sudah berada di Suralaga yang juga sedang mengantar barang yang sama. Saya pun mengirimkan Google Map. 

Sempat sopir ekspedisinya mengira tersesat. Karena tiba-tiba dia berhenti di jalur tengah persawahan. Dia kembali menelpon saya lewat video call. Kebetulan saat itu saya di madrasah, sedang ada urusan sebentar. Dia pun menunjukkan video area di mana dia sedang berada. Dan dia menunjukkan mushalla di dekatnya. Lalu saya mengatakan memang itu tempatnya. "Bapak sudah berada di jalan yang benar," Kata saya. Dan saya langsung meluncur ke sana untuk menyambutnya. 

Kami bertemu dan bersalaman. Orangnya sangat ramah. Dan saya pun berusaha mengimbangi. Saya sempat terkejut, katanya bantuannya dua buah. Dia menujukkan surat-surat. Ternyata bantuannya untuk atas nama Komunitas Literasi Madrasah satu, dan satunya lagi untuk Perpustakaan Ka-Lam. Dan saya pun bersyukur dengan semua itu. Ternyata benar, di SK penerima bantuan pun yang tertera nama itu. Saya kira cuma atas nama saja. Ternyata bantuannya juga.

Saya pun disuruh mengambil setempel, dan secepat kilat saya sudah kembali. Setelah mengisi formulir penerimaan dengan lengkap. Kami pun berfoto bersama. Pengambilan gambar dibantu oleh teman-teman dari KKN UNU NTB.

Ucapkan terima kasih kami sampaikan kepada Perpusnas RI atas bantuan tersebut. Dan juga kepada Forum TBM yang telah berjuang membuka jalan bagi pegiat literasi tertutama TBM untuk bisa mendapatkan bantuan-bantuan buku bacaan dan lain sebagainya. Dan akhirnya, Semoga amanah ini bisa berjalan sesuai harapan.

Post a Comment for "Serah Terima Bantuan Rak Buku dari Perpusnas"